Beberapa hal yang harus diketahui wanita tentang menstruasi

Wanita ketika sudah mulai memasuki masa masa puber atau masa masa pendewasaan, apalagi belum mengalami menopause, wanita pasti akan mengalami menstruasi. Menstruasi pada wanita dapat terjadi sebulan sekali dikarenakan oleh sel telur wanita itu sendiri yang belum dibuahi oleh pria sehingga kemudian luruh.



Pada kasus wanita wantia kebanyakan menggalami menstruasi pertama mereka pada usia 12 tahun dan kemudian menopause di usia sekitar 45-50 tahun kemudian. Dengan durasi rata rata adalah 28hari, durasi menstruasi wanita berlangsung seminggu lamanya.

Ketika seseorang wanita menggalami menstruasi atau yang sering disingkat dengan mens, maka dia akan menggalami berbagai macam gangguan hormon yang dapat mengakibatkan si wanita tersebut bete ataupun PMS. Selain itu ada beberapa fakta unik yang cukup penting untuk diketahui wanita mengenai masalah menstruasi ini. Apa saja itu?

- Lapisan rahim pada wanita yang juga disebut dengan endometrium adalah tempat menempelnya sel telur ovum yang luruh saat tidak dibuahi.
- Lamanya seseorang wanita menggalami mens bervariasi, ada yang sampai 3-7 hari lamanya. Jika lebih dari 7 hari, maka wanita tersebut berkemungkinan besar kekurangan zat besi.
- Darah saat mens berasal lapisan rahim yang luruh, serta mengandung kalium , natrium, zat besi dan juga disertai dengan lendir serviks.
- Darah mens memiliki warna yang bervariasi. Mulai dari warna merah kecoklatan hingga warna merah terang tergantung warna darah yang terakumulasi ketika itu.
- Uniknya, seorang wanita berkemungkinan lebih besar untuk hamil ketika dia melakukan hubungan intim saat wantia tersebut mens. Karena Sperma yang hidup di dalam rahim wanita bisa bertahan selama 5 hari untuk membuahi sel telur ketika periode mens berakhir.




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »