Gejala dan Tanda Tanda Stress

Stress dapat datang dan pergi dengan sendirinya dan ternyata gejalanya itu bermacam macam. Tiap orang dapat merasakan gejala stress yang berbeda beda. Hanya saja yang sering terjadi dan menjadi masalah adalah kita kerap mengabaikan gejala stress tersebut. Akibatnya, stress yang semakin menumpuk dan memberi pengaruh negatif pada tubuh dan mengganggu kesehatan. 


Penting untuk kita memperhatikan gejala gejala stress sejak dini, supaya dapat kita cegah dan dapat segera ditangani dan dampak negatifnya yang berbahaya dapat dicegah. Yuk disimak apa apa saja yag menjadi gejala gejala stress yang tak boleh kita sepelekan.

Tekanan mental yang tinggi dan banyak pikiran yang mengganggu juga dapat menjadi penyebab dan mempengaruhi kondisi fisik dan tubuh kita. Rasa lelah yang luar biasa juga dapat menjadi gejala paling umum kalau sebenarnya kita sedang stress. 

Orang yang punya kebiasan tidur dan memiliki kebiasaan tidur yang buruk memang lebih susah untuk berkonsentrasi dan gampang capek seharian dibandingkan dibandingkan orang yang memiliki kebiasaan tidur secara rutin. 

Kombinasi jadwal tidur yang tidak teratur, pola makan yang buruk, dan banyak pikiran yang bisa membuat stress dapat membuat stress kita semakin parah. Tubuh pun akan terbebani dan gampang capek. Jadi kalau kalau suatu waktu nanti anda merasakan tubuh anda cepat lelah dan capek, padahal banyak istirahat dan tidur yang cukup, maka kemungkinan anda sedang dilanda stress. 

Jika anda susah tidur Maka salah satu penyebabnya adalah karena anda sedang banyak pikiran. Ketika anda banyak pikiran dan stress, maka anda akan sulit sekali tidur. Atau bisa jadi kamu sering terbangun ketika sudah terlelap di malam hari. 

Nafsu makan yang mendadak turun drastis juga menjadi pertanda pertanda bahwa anda sedang stress. Dan kalau kalau anda jadi gampang marah dan sering uring uringan tanpa sebab yang pasti, coba cek kondisi anda apakah anda sedang merasa tertekan atau stress. 

Saat stress, pikiran anda jadi terasa keruh. Berbagai kecemasan dan kegelisahan mengganggu pikiran anda. Sehingga anda jadi lebih sensitif dan gampang emosi, atau tersinggung bila dikatai sesuatu yang sepele. 

Meski stress bisa bikin tubuh anda terasa lebih lelah daripada biasanya, tapi gerakan tbuuh anda jadi lebih cepat dan kadang enggak beraturan. Misalnya cara anda berjalan jadi lebih cepat dari biasanya apdahal kamu juga tidak sedang dikejar atau sedang memiliki janji temu dengan orang lain. 

Salah satu gejala dari kondisi stress adalah kamu sering mengetuk ngetuk jari anda di atas meja tanpa sebab yang jelas. Atau menggoyang goyangkan kaki anda tanpa alasan, menyobek kertas tanpa sebab yang pasti. Saat anggota tubuh anda bergerak tanpa anda sadari, maka itu juga salah satu tanda bahwa anda sedang stress. 

Susah fokus juga menjadi pertanda pertanda anda sedang stress. Kemampuan berkonsentrasi anda dalam menyelesaikan sebuah masalah yang semakin rendah dan melemah. Dan bahkan untuk menyelesaikan sebuah masalah kecil saja sudah sangat susah sekali rasanya. 

Orang yang stress sering kehilangan kemampuannya untuk mengingat kembali informasi yang baru saja anda dengar atau baca. Rasa cemas dan gelisah yang mereka rasa telah menguras semua kemampuan kognitif yang mereka miliki.

Saat gejala gejala tersebut mulai muncul, segeralah lakukan tindakan untuk mengatasinya, Jangan biarkan stress diabaikan dan dibiarkan berkepanjangan. 







Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »