Fakta Unik dari Air Mata

Taukah anda atau pernah gak sih kita berpikir mengapa air mata kita keluar saat kita sedih? Air mata yang keluar itu memang ada kaitannya dengan emosi kita, namun air mata kita itu juga berfungsi untuk menjaga kelembapan mata kita juga. Air mata ditujukan agar mata jangan sampai kering dimana sering terjadi saat mata terasa lelah akibat dipaksa bekerja terlalu keras.



Penyebab penyebab mata kering itu berbeda beda, dan mata kering itu biasanya diakibatkan karena terlalu lama menatap layar ataupun terlalu lama berada dalam cuaca yang terik matahari. Salah satunya cara untuk mengatasi mata kering yaitu dengan meneteskan air mata buatan.

Salah satu air mata buatan yang dapat kita coba adalah Insto. Obat tetes mata dapat berfungsi sebagai air mata buatan yang dapat bermanfaat mengembalikan kesegaran mata tentunya. Teteskanlah 1-2 tetes pada bagian mata yang kering. Jadi apa saja fakta fakta unik air mata kita ini?

Air mata dapat keluar dari hidung, eh? 
Ya, air mata kita ini cukup unik karena air mata memang benar benar dapat keluar masuk dari dalam hidung. Adapun prosesnya, jika air mata sudah tak lagi mampu untuk menampung produksi air mata secara berlebihan, maka akan dialirkan dari lubang hidung. Jadi jika suatu waktu hidung anda keluar air, itu bukanlah acting untuk mendramatisir sebuah adegan, mungkin itu adalah air dari air mata anda, sehingga orang orang sering tampak seperti ingusan ketika menangis.

Mirip Air Liur
Tak banyak yang tahu, jika zat zat pembentuk air mata itu sama dengan air liur, sama hal nya mengandung protein protein hormon dan juga garam. Meski komposisinya sama, namun keduanya memiliki bau yang berbeda.

Air mata identik dengan perempuan
Air mata yang dihasilkan oleh perempuan lima kali lebih banyak dibandingkan yang dapat dihasilkan oleh laki laki. Bukan hanya itu saja, durasi ketika air mata kita keluar juga relatif berbeda, lebih lama sekitar enam menit. Sementara laki laki rata rata hanya sanggup menangis paling lama hanya 2 sampai 4 menit saja.


Air mata itu ada 3 jenis
Nah fakta yang satu ini tergolong sangat unik karena ternyata air mata yang dikeluarkan oleh manusia dapat dibedakan menjadi 3 jenis. Pertama, air mata basal. Air mata basal ini berfungsi untuk membasahi dan menjaga kelembapan mata kita. Lalu ada juga air mata refleks dimana air mata ini akan keluar dan muncul saat mata menggalami gangguan secara tiba tiba, seperti kemasukan debu atau sebagainya. Dan yang terakhir adalah air mata emosi, air mata ini akan muncul sebagai respon dari peningkatan lakrimasi karena tekanan emosi yang keluar.









Share this

Related Posts

Previous
Next Post »